Jurnal Ulama; Tugas, Fungsi dan Wawasan MUI

Jurnal Ulama edisi pertama

ALHAMDULILLAH, puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas Hidayah, Taufieq dan Inayah-Nya jua, maka kami dapat menerbitkan Jurnal Ulama edisi pertama pada bulan Agustus 2008 bertepatan pada bulan Sya’ban 1429 H. Bulan Agustus adalah bulan kemerdekaan dan bulan Sya’ban adalah bulan persiapan menyongsong bulan Ramadlon, bulan suci atau pembebasan/penyucian dari dosa.
Telah lama MUI Propinsi D.I.Yogyakarta mencita-citakan menerbitkan jurnal, sesuai dengan predikat Yogyakarta sebagai kota pelajar dan mahasiswa, berarti kota intelektual dan akademisi. Kami berharap Jurnal ini nanti dapat menyebarkan tulisan-tulisan ilmiyah yang analitis. Tetapi harapan tersebut belum dapat kami ujudkan dalam penerbitan perdana ini.
Sebagai penerbitan awal atau uji coba ini, kami muat tulisan-tulisan yang bersifat bimbingan bagi pengurus MUI di semua jajaran dari Propinsi sampai Kecamatan dan Desa/ Kelurahan. MUI Propinsi D.I.Yogyakarta memiliki 6 tugas pokok dan fungsi (tupoksi), yaitu:

1.Bimbingan dan Pembinaan Dakwah
2.Bimbingan dan Pembinaan Pendidikan
3.Bimbingan dan Pembinaan Ukhuwwah dan Kerukunan
4.Bimbingan dan Pembinaan Ekonomi Islam dan Kesejahteraan Ummat
5.Bimbingan dan Pembinaan Pemberdayaan perempuan dan keluarga
6.Bimbingan dan Pembinaan masalah keagamaan dalam bentuk Kajian Hukum dan Fatwa

Tulisan-tulisan tersebut kami angkat dari berbagai pengarahan dan key-note speech atas nama institusi MUI Prop. D.I.Y. dalam Lokakarya, Pelatihan dan kesempatan-kesempatan lain yang dilaksanakan oleh organisasi MUI maupun masyarakat.
Dari tulisan-tulisan tersebut, kami berharap  menjadi bahan dan wacana dalam melaksanakan tupoksi  organisasi MUI di D.I.Yogyakarta.
Saran dan kritik senantiasa kami tunggu untuk perbaikan pada penerbitan berikutnya.

Yogyakarta, 17 Agustus 2008
Pimpinan redaksi

This entry was posted in Jurnal Ulama. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>