Jurnal Ulama 2 ; Merekronstruksi ukhuwah dan memahami aliran sesat

Jurnal Ulama MUI DIY

Jurnal Ulama MUI DIY

Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas Hidayah, Taufieq dan Inyah-Nya jua, maka kami dapat menerbitkan Jumal Ulama Nomor 2 Volume I, edisi Dzul Hijjah 1429 H / Desember 2008. Bulan Dzul Hijjah, yang dalam kelender Sultan Agung disebut bulan BESAR, dan memang bulan Dzul Hijjah adalah bulan besar, disana ada ritual ibadah Haji dan Idul Adha atau Idul Qur’an, napak tilas peristiwa besar prosesi penyembelihan Ismail, putra Ibrahim, yang meskipun kemudian diganti oleh Allah dengan binatang domba/kambing/ kibas yang besar. Adapun bulan Desember tanggal 29, adalah tahun baru Hijriyah. Hijrah Nabi pada tahun 622 M (tepatnya 12 September 622 M) adalah peristiwa besar bagi sejarah perkembangan Islam, sehingga oleh Khalifah Umar bin Khottob tahun itu dijadikan tahun pertama Hijriyah (tahun Islam). Penerbitan No.2 Jurnal ULAMA kali ini semoga disemangati oleh dua peristiwa besar di kalangan Umat Islam tersebut.
Yang patut disyukuri lagi, bahwa pada penerbitan kedua ini, jurnal kita ini telah memiliki No. ISSN, setelah kami usahakan langsung ke LIPI Jakarta pada bulan Desember ini pula, yaitu : ISSN No. 2085-0166. Dengan didapatkannya No.ISSN ini, maka jurnal kita ini telah diakui secara Nasional, sebagai media ilmiyah. Dengan adanya No.ISSN ini, kami mendorong para Dosen, Guru dan proffesi apapun yang memerlukan kredit point untuk promosi, kiranya menjadi daya tarik sendiri untuk berpartisipasi dalam mengisi jurnal ULAMA kit ini.
Namun demikian visi dan misi jurnal ini tetap dan tidak berubah yaitu media untuk para cendekiawan, para inteletual dan akademisi untuk membantu MUI Propinsi D.I.Yogyakarta melaksanakan program unggulan MUI DIY yaitu “Gerakan Dakwah Berbasis Masjid dan Keluarga, Membina Akhlakul Karimah, Mencegah Kemakshiyatan dan Paham Menyesatkan, Membangun Masyarakat Madani yang Beriman dan Bertaqwa” yang meliputi 6 tugas pokok dan fungsi (tupoksi), yaitu :

1.  Bimbingan dan Pembinaan Dakwah
2.  Bimbingan dan Pembinaan Pendidikan
3.  Bimbingan dan Pembinaan Ukhuwwah dan Kerukunan
4.  Bimbingan dan Pembinaan Ekonomi Islam dan Kesejahteraan Ummat
5.  Bimbingan dan Pembinaan Pemberdayaan perempuan dan keluarga
6.  Bimbingan dan Pembinaan masalah keagamaan dalam bentuk Kajian Hukum dan Fatwa

Oleh karena dalam penerbitan kedua ini isi jurnal kami bagi dua bagian yaitu : (1) yang sifatnya tulisan/naskah/karangan, yang mungkin masih bersifat wacana dan pemikiran dan (2) yang berupa pedoman dan bimbingan organisasi.
Dari tulisan-tulisan tersebut, kami berharap   menjadi bahan dan wacana dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) organisasi MUI di D.I.Yogyakarta.
Saran dan kritik senantiasa kami tunggu untuk perbaikan pada penerbitan berikutnya.

Catatan:

Untuk info dan pengadaan Jurnal Ulama edisi ini silahkan hubungi kantor MUI DIY. Jl. Kapas No. 3 Yogyakarta Telp. (0274) 7102286, 587252, 7478536

This entry was posted in Jurnal Ulama. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>